Internship!

Salam In~tern~shiippp~~


Woouuww, it has been 4 months!! Ga berasa yess, hihi. Yipp, saya bersama 10 orang teman yang lain ternyata sudah 4 bulan ini terdampar di suatu daerah bernama pangkalan bun. Sebenarnya yang terdampar tidak benar2  kami bersebelas, karena 2 dari kami adalah penduduk asli pangkalan bun. Bagi saya sendiri sebenarnya Pangkalan Bun masih cukup asing. Yahh, saya akui saya memang tidak banyak tahu daerah2 di Indonesia, hihi. Pertama kali saya mendengar Pangkalan Bun adalah ketika saya kuliah karena kami memiliki teman seangkatan yang berasal dari daerah tersebut. Tak pernah terbayangkan suatu saat akan berada disini. Yahh, kita memang tak pernah tahu akan kemana takdir Allah membawa kita J

Jadi, sekarang ini sebagai doctor freshgraduate  kami diwajibkan menjalani sebuah program pemerintah yang disebut internship. Yahh, sejenis magang selama 1 tahun di daerah yang telah ditentukan. Kami akan “dinas” selama 4 bulan di puskesmas dan 8 bulan di RS.  Memang sudah bukan koass lagi, karena program internship hanya bisa diikuti oleh para lulusan kedokteran yang sudah lulus uji kompetensi dan memiliki STR. STR Internship pastinya, haha. sama seperti dokter definitif, kami juga ber hak untuk memeriksa pasien, walaupun masih belum bertanggung jawab sepenuhnya.  Tujuan internship sendiri sebenarnya untuk membuat para dokter fresh graduate memiliki kompetensi yang lebih mantap lagi sebelum benar2 terjun ke lapangan. Memang masih banyak pro dan kontra terhadap program pemerintah yang satu ini. Bahkan dikelompok saya sendiri lebih banyak yang kontra. Tapi saya pribadi terus terang merasa bersyukur atas adanya program ini. Bagi saya internship benar2 membantu kita beradaptasi dari seorang koas menjadi seorang dokter. Saya akui saat benar-benar terjun ke “lapangan” ada banyak hal yang terlupakan. Setidaknya hal-hal yang terlupakan itu akan lebih dimaklumi jika status kita masih dokter internship, hihi. Yahh, saya merasa Allah memberi saya kesempatan untuk belajar lebih banyak.


Entahlah, mungkin kenyamanan yang saya rasakan dikarenakan saat ini saya masih dinas di puskesmas. Bagi saya Puskesmas Arut Selatan  sangat menyenangkan sekali. Berada disana benar2 membuat betah. Selain karena pendamping puskesmas kami yang bagaikan bundadari, para staf puskesmas, mulai dari kepala puskesmas hingga bapak penjaga puskesmas, menerima kami dengan baik sekali. Saya terharu sekali ketika salah seorang teman maju untuk mempresentasikan mini project-nya (salah satu tugas untuk kelengkapan internship), kepala puskesmas kami, dr. Rita Wey, memberikan tanggapan dan mengatakan bahwa beliau sangat merasa bersyukur atas kehadiran kami. Rasanya senang sekali ketika menyadari bahwa keberadaan kami dihargai. Terlebih lagi ternyata adanya kami disana berguna untuk mereka. Aahhh, saya benar2 cinta dengan puskesmas inii Y


Sayangnya ini bulan terakhir saya bersama 3 orang teman yang lain dinas di puskesmas ini. Akhir bulan ini kami akan mulai dinas di RS, 4 bulan pertama di IGD, 4 bulan sisanya menjaga ruangan. How Sad! Membayangkan akan berpindah tempat lagi tentu saja menimbulkan ketakutan tersendiri. Bagaimana jika tidak diterima dengan baik? Bagaimana jika tidak bisa beradaptasi? bagaimana jikaa.. ahh, banyak sekali ketakutan2  yang bermunculan. Tetapi semoga saja 1 tahun ini berjalan dengan lancar tanpa hambatan yang berarti. Semoga Allah memudahkan dan meridhoi jalan kami, dan semoga nantinya kami menjadi dokter2 yang berkompeten, sukses dunia akhirat, bisa berguna bagi banyak orang, serta bisa menjadi kebanggaan keluarga, aamiin ya Allah.



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

5 komentar:

ina cute mengatakan...

Wowww...yuneee amazing....
curhat via blog...

Yuni mengatakan...

lohh, kokk ada inaaa, adyuuhhh, ketahuan ammm, buahahaha

Unknown mengatakan...

waw ada poto akkk,,hahahha..

Unknown mengatakan...

Dok, boleh minta kontaknya gg, mau tnya tntg iship d pangkalan bun 🙏

Unknown mengatakan...

Atau mungkin dokter, punya teman orang pangkalan bun yg pernah iship d sana dan bisa saya hubungi?

Posting Komentar